Thursday, 19 September 2019
HOTLINE: +092 0192 3489 / +021 782 0191
blog page
The 20 free things in Sydney with my girlfriend

RENSTRA PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA PEKANBARU 2017-2022

by Admin / May 17, 2019

BAB I
PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Rencana strategis (RENSTRA) merupakan Dokumen perencanaan awal untuk periode 5 (lima) tahun yang harus disusun oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebelum menyusun Dokumen perencanaan yang lainnya, seperti Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (RENJA) dan Penetapan Kinerja serta penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Rencana Strategis OPD memuat gambaran tentang Tujuan, Sasaran, Strategi, Program dan Kegiatan yang akan dilaksanakan OPD dalam masa Lima tahun. Rencana strategis juga memuat indikator dan target capaian yang akan dicapai OPD dalam waktu Lima tahun.

Dengan indikator dan target capaian Program dan Kegiatan, OPD dapat mengevaluasi keberhasilan dan hambatan serta  permasalahan dalam melaksanakan Program dan Kegiatan, sehingga Program dan Kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Secara garis besar, Penyusunan Rencana Strategis OPD dilakukan dalam empat tahapan, yaitu Tahap Persiapan, Tahap Penyusunan, Tahap Penyusunan Rancangan Akhir dan Tahap Penetapan. Dalam tahap persiapan dilakukan penyusunan rancangan Keputusan Kepala Daerah tentang pembentukan Tim Penyusunan Renstra OPD, melakukan orientasi penyusunan agenda Kerja Tim dan penyiapan data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah.

Dalam tahap penyusunan Rancangan Renstra OPD dilakukan Pengolahan Data dan Informasi, analisis gambaran umum Pelayan OPD, melakuakan Review Renstra K/L dan Renstra OPD Provinsi, menelaah RTRW, melakukan analisis terhadap Dokumen hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Perumusan Isu–isu Strategis, Perumusan Tujuan Pelayanan Jangka Menengah OPD dan Perumusan Sasaran Pelayanan Jangka Menengah OPD.

Dalam tahap Perumusan Rancangan Akhir dilakukan penajaman dan Penyelarasan Tujuan, Sasaran, Strategi, Program dan Kegiatan. Dan pada tahap penetapan Renstra OPD dilakukan Verifikasi akhir oleh Bappeda Kota Pekanbaru, guna melihat kesesuaian Tujuan, Sasaran, Strategi, Program dan Kegiatan OPD dengan RPJMD, serta keterpaduan dengan Rancangan Akhir RPJMD. Pekerjaan berikutnya terkait dengan penetapan Renstra–OPD adalah penetapan rancangan Renstra–OPD menjadi Renstra–OPD dengan surat Keputusan Kepala OPD setelah mendapat pengesahan dari Bupati/Wali Kota.

Sistim Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan satu kesatuan dalam sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, oleh karena itu Dokumen Perencanaan Daerah yang disusun harus merujuk kepada Dokumen Perencanaan Pembangunan Nasional seperti RPJP Nasional RPJM Nasional. Begitu pula halnya dengan Rencana Strategis OPD, dimana penyusunannya harus merujuk kepada RPJMD Kabupaten / Kota, Renstra OPD Propinsi dan Renstra K/L sehingga keterpaduan dalam melaksanakan program Pembangunan dapat diwujudkan.

1.2 Landasan Hukum

Penyusunan Renstra Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru Tahun 2017-2022 mengacu pada beberapa peraturan perundang-undangan antara lain:

  1. Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kota Kecil Dalam Lingkungan Propinsi Sumatera Tengah ;
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional ;
  3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah sebagaimana  telah dirubah beberapa kali dan terakhir dengan perubahan ke tiga dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 ;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan ;
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1312)
  6. Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pekanbaru Tahun 2005-2025 ;
  7. Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekanbaru Tahun 2017-2022 ;
  8. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 9 Tahun 2016, tentang pembentukkan dan susunan perangkat daerah kota Pekanbaru.
  9. Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 98 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru.

1.3 Maksud dan Tujuan

1.3.1    Maksud :

Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru Periode 2017-2022 dimaksudkan untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan bidang kebakaran yang efektif, transparan dan akuntabel sesuai tugas dan fungsi yang di emban Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru.

 

1.3.2    Tujuan :

  1. Memberikan arah dan pedoman bagi seluruh aparatur sipil negara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru dalam menyusun perencanaan pekerjaan, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renstra 2017-2022 dapat terealisasi.  
  2. Menjadikan pedoman dan arah kebijakan dalam menetapkan besaran anggaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru dalam penyusunan APBD Kota Pekanbaru.
  3. Mempermudah pengendalian kegiatan, melaksanakan koordinasi dengan OPD terkait, monitoring, evaluasi program dan kegiatan baik secara internal maupun eksternal.
  4. Memberikan informasi kepada pemangku kepentingan (stakeholder) tentang rencana pembangunan tahunan yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru.

1.4 Sistematika Penulisan

Sistematika Rancangan Rencana Strategis Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru periode 2017-2022 disusun berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, sebagai berikut:

  I.        PENDAHULUAN

            1.1       Latar Belakang

            1.2       Landasan Hukum                                                                                                                               

            1.3       Maksud dan Tujuan                                                                                                     

            1.4       Sistematika Penulisan

II.         GAMBARAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

            2.1       Tugas, Fungsi dan struktur Perangkat Daerah                                                            

            2.2       Sumber Daya Perangkat Daerah                                                                                 

            2.3       Kinerja Pelayanan Perangkat Daerah                                                                          

            2.4       Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Perangkat Daerah                       

III.       PERMASALAHAN DAN ISU-ISU STRATEGIS PERANGKAT DAERAH

3.1      Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan Perangkat Daerah

3.2      Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

3.3      Telaahan Renstra K/L dan Renstra Propinsi

3.4      Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan                                                                                                                                                                                                             

3.5    Penentuan isu-isu strategis

IV.       TUJUAN DAN SASARAN

            Tujuan Dan Sasaran Jangka Menengah Perangkat Daerah                                                     

V.        STRATEGIS DAN ARAH KEBIJAKAN

VI.       RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN SERTA PENDANAAN

VII.     KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN

VIII.    PENUTUP

 

UNDUH SELENGKAPNYA DISINI --->> RENSTRA Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru 2017-2022